Langsung ke konten utama

Trip Report: CGK - JOG dengan GA217

Halo!
Penerbangan singkat ini adalah akhir bagian dari Trip Keluarga yang berjalan sejak Seminggu + 3 hari sebelumnya. Aku bersama ayah pulang terlebih dahulu, untuk mengurus kelengkapan SNMPTN. Sedangkan Ibu berkelana ke Palembang sebelum akhirnya balik ke Jogja beberapa hari setelahnya. Penerbangan ini adalah penerbangan pertama saya pada tahun ini, dan penerbangan pertama (juga) dengan Garuda Indonesia pada tahun ini.

Log:

No. Penerbangan : GA217
Rute : Jakarta - Yogyakarta
Jenis Pesawat / No. Reg : Boeing 737-800 / PK-GFN
Kursi : 21C
Tanggal: 13 Mei 2015
ATD : 2015
ATA : 2119

Diantar Sopir dan Ibu saya, Aku dan Ayah saya berangkat pada sekitar pukul 2-an siang dari Bintaro. Pada awalnya trafik yang kita lalui lancar-lancar saja, tetapi sejak masuk ruas Tol Bandara (Sedyatmo), trafik malah makin menggila dan akhirnya kami terjebak oleh macet yang tak bisa dihindari.

Triple Seven-nya Emirates lagi nangkring di T2D

Singkatnya kami tiba di CGK Terminal 2F...95 menit sebelum waktu keberangkatan. Menurut tiket, sub kelas saya beda dengan ayah saya, tetapi petugas check-in nya menetapkan kursi disebelah ayah saya, yang bukan satu sub kelas dengan saya, well that's great.

Setelah Check-in dan Boarding Pass ditangan masing-masing, skip Airport Tax. Kami mampir ke Beard Papa dulu, lalu jalan jalan disekitar land-side (selalu seneng kalau naik pesawat lewat Terminal 2F yang ikonik ini), lewat security, baru kami langsung masuk ke ruang tunggu F7

Berasa kembali ke tahun 90-an :p agak remang-remang gitu. Setelah beberapa lama menunggu, eh ternyata kami dipindah ke (lupa Gate nomor berapa)

Tapi tak lama kemudian, Sekitar Jam 0710, kumandang waktu Boarding tiba diserukan, dan kami langsung turun... lalu naik Bis. Sebelum naik Bus, Spotting dulu...

A333nya Garuda (PK-GPF) dicat Livery Skyteam

A333 nya Garuda entah darimana...

Setelah turun dari bus, kami mulai masuk, Fleet hari ini adalah PK-GFN; Boeing 737-800nya Garuda dengan livery maskapai edisi tahun 1969-1985

Katanya Sih Foto Wajib..

Melewati Bagian Kelas Bisnis.....

Looks Comfy....Mungkin suatu saat nanti bisa merasakan pelayanannya....

Kursi saya, Row Ekonomi Bulkhead (21A untuk saya dan 21C untuk Ayah saya) dengan Legroom yang Menyenangkan (I'm Lookin' at You, Singa Angop :D)

PTV Layar Sentuh Panasonic Biasa...

Seat Pocket di depan Tiap-tiap Kursi

Sneak Peek Kelas Bisnis

Pemandangan Luar

Pelayanan diawali dengan Pembagian Permen, ambil secukupnya aja (Kasian yang belakang)

Pasang Earphone + Adapter

Melihat Keluar (Lagi..)

Kartu Petunjuk Keselamatan.

Overhead Panel yang edisi Lama...
Setelah proses boarding selesai dan pintu ditutup, akhirnya kami pushback tepat waktu dan Pilot memberikan briefing.

Video Petunjuk Keselamatan.

Melewati Kandang Garuda.

A330, lupa seri -300 atau -200.

Plakat Soetta yang Legendaris.

Sesaat sebelum Tancap Gas..

Dan...Kita Mengudara. View Malam Jabodetabek.

View Malam 2.

Dari tadi saat di darat sampai mengudara belum selesai bacanya...

View kabin saat ketinggian stabil.

Video Perkenalan SkyTeam.

Snek Malam Hari.

Tidak Lupa Tisu Basah.

Dan... Jus Apel.

Isi: Aqua Mini, Tisu Basah, Cookies sama Roti isi Daging. Cookiesnya enak banget sumpah.

Isi Seat (Wall) Pocket = Majalah Stars (IFE Guide), Colours, Arcade (Shopping Guide), Headset dan Kartu Petunjuk Keselamatan.

Santap Telinga Malam Ini.

Akhirnya Masuk Jawa Tengah...

Sebenarnya Pengen Beli, sayangnya dompet sudah menangis lebih dulu...

Rute Internasional Garuda Indonesia + Rute Codesharenya.

Armada Burung Besi Garuda.

Kantong Dinding...

Santapan Telinga yang lainnya Malam itu...

Tak lama setelahnya, FA memberikan pengumuman bahwa kita sedang descent dan akan tiba di Yogya dalam waktu dekat, yang menandakan bahwa penerbangan pendek ini akan segera berakhir.

Data - Data GPS saat Descent...

Dan akhirnya kita sudah masuk DIY.

Maafkan atas kualitas gambar yang jelek...

Singkatnya, kita mendarat (not the best landing, karena pesawat direm habis-habisan) dan masuk ke taxiway, lalu parkir disebelah Garuda yang bakal terbang ke Denpasar.

Deplaning, one last shot of PK-GFN.

Garuda Indonesia Boeing 737-800 dengan BSI yang bakal narik ke DPS..

Dan...Akhirnya masuk ke ruang kedatangan buat ambil bagasi..

Penerbangan pertama di tahun 2015 dengan GA ini akhirnya berakhir dengan bahagia. Lalu kita ambil taksi menuju rumah, dan bersiap-siap untuk hari dan tugas berikutnya.

Sekian untuk Trip Report Kali ini. Terima Kasih atas kunjungannya!

Postingan populer dari blog ini

Teknologi Glass Cockpit (IT on the Plane)

TEKNOLOGI APAAN TUH? Teknologi Glass Cockpit  merupakan teknologi yang diterapkan di kokpit pesawat yang terdiri dari perangkat elektronik digital, termasuk Layar LCD besar dibandingkan dengan teknologi lama yang penuh dengan tombol analog dan indikator. Teknologi ini mengintegrasikan kontrol pesawat, sistem autopilot, komunikasi, navigasi, dan sistem monitoring pesawat. Sebuah glass cockpit menggunakan beberapa layar yang dijalankan oleh sistem manajemen penerbangan yang bisa dikonfigurasikan untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan. Sekarang coba bandingin kedua gambar dibawah ini! Nah ini adalah kokpit dari sebuah Airbus A380 ( rilis 2005) yang telah menggunakan teknologi glass cockpit Dan ini adalah kokpit dari sebuah Boeing 747 seri lama (100) (rilis 1960-akhir) yang penuh dengan tombol dan indikator analog, yang tak memakai teknologi glass   cockpit  Nah, beda jauh kan? Teknologi ini juga memiliki peran yang besar untuk menyederhanakan tampilan pada kokpit dan m

Tips dan trik dalam Air Travelling

Sebelumnya, akan dijelaskan dulu apa yang menjadi maksud dari Air Travelling itu sendiri " Perjalanan udara adalah perjalanan yang menggunakan sarana transportasi seperti Pesawat Terbang, Helikopter, Balon Udara, Glider, Parasut, dan sebagainya. Penggunaan transportasi udara telah meningkat secara pesat dalam kurun beberapa dekade terakhir, dan sangat populer pada pertengahan tahun 1980-an hingga sekarang. Perjalanan udara dibedakan menjadi dua bagian besar, yaitu Penerbangan Domestik dan Penerbangan Internasional " Oke deh, langsung aja tips dan triks-nya 1. Pilih dan rencanakan rute-mu,  Nah perencanaan rute ini penting, soalnya dalam pemilihan rute ini kamu bakal bisa menghemat uangmu, misalnya kamu dari Jakarta mau ke Amsterdam, usahakan cari penerbangan yang langsung kesana, bukan transit sana-sini, karena kamu juga bisa menghemat uang, waktu serta tenaga. 2. Pilih maskapai dan tarif yang sesuai dengan kantong dan rute. Maskapai di dunia ini secara umum diba

Opini: "Amsterdam" oleh Coldplay

Halo! :D Post kelima mimin nih! :D Jadi kali ini mimin akan mengulas sedikit tentang Lagu besutan Coldplay (lagi) berjudul Amsterdam. Lagu ini baru aja kudenger (padahal lagu ini keluaran tahun 2002) pas bulan Juli 2013, saat awal - awal bulan puasa. Dan setelah berkali - kali kudenger ternyata lagu ini memiliki makna yang cukup mendalam dan membawa kesan yang galau dan sedih bagi pendengarnya. Judul lagunya ini kagak ada hubungannya sama sekali dengan lirik dari lagu ini. Hanya saja Chris Martin menulis lagu ini ketika berada di kota Amsterdam Yap, memang sedih, soalnya lagu ini menceritakan seorang yang kehilangan rasa kesenangannya dan menderita sesuatu yang mempengaruhi keteguhan mentalnya (entah depresi atau putus asa) serta penyesalan yang mendalam. Awalnya dia tetap sabar untuk menunggu bahwa dia akan mendapatkan sesuatu yang dia inginkan, dia untuk meyakini bahwa itu akan menjadi kenyataan. Setelah lama menunggu, akhirnya hal itu tidak pernah datang, dan dia dirundu